Kaos Dakwah

kaos-dakwahKAOS DAKWAH : Media dakwah diera modern saat ini sangat banyak beragam cara bisa dilakukan. Dakwah dalam islam wajib untuk dilakukan bagi setiap umat muslim terutama menyeru kepada kebaikan. Dakwah bisa disampaikan melalui ucapan lisan ataupun melalui tulisan. Karena dakwah adalah sesuatu yang penting dan untuk bisa disampaikan kesemua orang muncullah ide untuk membuat media dakwah melalui kaos. Sebagai salah satu produk fashion, kaos banyak digemari oleh konsumen dan masyarakat umum terutama para kalangan anak muda karena kaos cukup nyaman ketika dikenakan dan menawarkan pilihan desain yang sangat beragam. Melalui kaos tulisan dakwah bisa disisipkan dihadap depan kaos maupun belakang jadi akan seperti dakwah berjalan melalui media kaos. Dengan desain dan tulisan dakwah yang menarik dan sesuai dengan konteks sesuai dengan masa kini maka kaos dakwah ini merupakan peluang bisnis yang menjanjikan untuk dijalani terutama target pemasaran kepada anak muda. Semoga tulisan karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang berminat untuk menekuni bisnis dari kaos dakwah ini.
Dakwah sudah menjadi tugas bagi manusia untuk mampu mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan bermasyarakat dan menyebarluaskan kepada masyarakat yang mula-mula apatis terhadap Islam menjadi orang yang suka rela menerimanya sebagai petunjuk aktivitas duniawi dan ukhrawi. Dalam Hadist juga sudah disebutkan Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً
“Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)
Untuk itu melalui kaos dakwah ini dapat menjadi ajang dakwah yang menarik dan juga menjadi penghasilan tambahan yang mendapatkan materi juga insyaallah mendapat pahala oleh Allah SWT karena sudah menyampaikan dakwah kepada manusia. Dalam membuka usaha kaos dakwah ada hal – hal yang harus dibutuhin diantaranya adalah :
  1. Memikirkan IDE dasarnya dulu, jangan memikirkan ide yang asal – asal karena kaos nantinya gak akan bertahan lama dan kalah sama pemodal besar. Kata – kata dalam kaos dakwah harus menarik dan sesuai dengan kriteria jaman sekarang.
  2. Pembentukan TIM. Disini pembentukan EQ ( Enterpreneur Question ) kita diuji. Pertama cari yang jago dalam masalah desain utamakan yang bisa menguasai Corel atau Photoshop. Designer ini nantinya yang bikin kaos punya kharakter sendiri, harus beda dan unik tentunya. Jadi si designer ini harus ngerti banget ide dasar yang udah di tentuin di point pertama. Sebagai percobaan minta dibuatin beberapa design, mulai dari Brand, logo sampe design kaosnya.
  3. Sekarang langkah ketiga, masih dalam bagian pembentukan TIM, carilah penjahit sama tukang sablon, cari yang berpengalaman dan udah jago supaya produk kita berkualitas tinggi. Kalo udah dapet baru beli mesin jahit konveksi sama alat2 sablon. Untuk mesin jahit kaos minimalnya kita harus punya, mesin potong kain, mesin jahit high speed, mesin obras, dan mesin overdeck lebih bagus lagi punya mesin jahit rantai dan setrika uap. Nah kalo peralatan sablon antara lain mesin, Screen, Rakel, Meja sablon plus Meja pembuatan Film, hot press, Pasta, Pewarna, Obat emulsi, Obat pembersih dll.
  4. Sekarang adalah peralatan untuk produk kaosnya diantaranya :
Bahan Kaos Dakwah . Banyak sekali Jenis kain untuk t-shirt dari mulai Higet , PE dan TC (Banyak mengandung bahan polister, jadi agak panas), Katun combat, Katun Kardet, Double Nit, Single Nit, Lacoste dll. Nah kalo standar kaos-kaos distro pake katun Combat (kualitas terbaik). Masalah harga tinggal tanya sama toko2 penjual kain kaos rata-rata harga katun kombat Rp. 45.000-Rp 60.000 / kg. yang paling murah warna putih dan hitam yang paling mahal. 1 Kg bisa di buat menja di 3,2 kaos dewasa laki-laki lengan pendek, kalo panjang paling jadi 1,5 kaos. jangan lupa beli rib, rib itu kerah buat di kaos oblong. Rib juga ada yang katun ada yang PE. Kalo mau bikin kaos berkerah (wangki) beda lagi bukan pake rib, tetapi pakenya kain kaos juga yang dibentuk kerah.
Label Kaos Dakwah,  ini biasanya ada di leher kaos bagian belakang dalem, label fungsinya sebagai identitas produk kita, karena memuat logo, ukuran dan merk produk. Harganya murah Cuma Rp 700- 1500 /pcs tergantung warna, ukuran dan design, tapi jangan seneng dulu, harganya memang murah tetapi minimal pesanan harus banyak biasanya minimal 500 lusin.
Tag Kaos Dakwah . Tag dipakai untuk aksesoris brand kaos yang memuat info produk seperti harga, kode, ukuran, sama identitas produk atau bisa juga contact person produsen . Tag biasanya dibuat dari kertas atau plastik dengan sistem cetak atau sablon. Kalo mau dicetak harus buat banyak. Untuk memasang tag ini memakai tag gun bersama tag pin. Harga tag gun sekitar Rp 50.000 dan tag pin sekitar Rp.25.000 sudah dapet 1 kardus.
Kemasan Kaos Dakwah. Kemasan ini sebagai pemanis dari produk bisa dibuat dari plastik, box atau kain. Lebih baik lagi pada kemasan ini terdapat identitas produk.
Usahakan kemasan di buat semenarik mungkin, jika kemasannya bagus bisa untuk di upload ke web atau sosmed anda
Sumber : GHIRAH

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: