Agustus 2015
Remaja telah menggunakan media digital untuk menciptakan ikatan yang meluas melewati bermain game seperti Call of Duty atau terlibat dalam pertukaran Twitter berjiwa, menurut sebuah studi Pew Research yang dirilis Kamis.
Seiring dengan suka dan saham dan tag dan retweets telah beefing, memarahi, trolling dan blocking. Meskipun banyak kegiatan sosial muncul dangkal, itu tidak selalu terjadi.
Sekitar 57 persen responden survei Pew pada interaksi remaja secara online menunjukkan bahwa mereka mendirikan persahabatan jangka panjang dengan seseorang yang mereka pertama akan bertemu secara online, Pew melaporkan.
"Sebagai bagian dari studi kami sebelumnya pada privasi, kami mendengar dari remaja tentang berapa banyak mereka menggunakan platform sosial dengan teman-teman dan rekan-rekan, dan jadi kami memutuskan untuk menyelidiki, kata Amanda Lenhart, seorang direktur asosiasi penelitian di Pew dan penulis laporan.
Studi Pew menawarkan wawasan menarik bagaimana Web dan teknologi mobile terus berkembang sebagai platform untuk komunikasi, menurut Charles Raja, analis utama di Pund-IT .
"Studi ini adalah benar-benar tentang komunikasi, dan bagaimana anak-anak beradaptasi dan menekuk keterbatasan teknologi untuk mengakomodasi kalangan mereka teman-teman dan kenalan," katanya kepada TechNewsWorld. "Itu sesuatu yang anak-anak selalu lakukan, dan akan selalu."

Lingkaran Sosial

Dua tempat yang paling umum untuk menempa persahabatan online baru yang video game dan media sosial, menurut peserta survei.
"Media sosial menghubungkan remaja ke teman dengan cara yang positif, bahkan karena juga dapat memicu perasaan negatif dan menciptakan tekanan sekitar online presentasi diri," kata Lenhart TechNewsWorld. "Media sosial juga memainkan peran penting dalam memperkenalkan remaja untuk teman-teman baru dan menghubungkan mereka ke jaringan teman mereka yang ada."
Sekitar 76 persen dari responden survei, yang berkisar dari 13 sampai 17 tahun, mengatakan mereka menggunakan media sosial. Sekitar 71 persen digunakan untuk berinteraksi dengan teman-teman, dan sekitar 23 persen mengatakan mereka melakukannya setiap hari.
Sekitar 57 persen dari seluruh responden melaporkan telah membuat setidaknya satu teman online, dan sekitar 64 persen dari kelompok yang mengatakan mereka melakukannya melalui media sosial.
"Media sosial membantu remaja merasa lebih terhubung dengan perasaan teman-teman mereka dan kehidupan sehari-hari, dan juga menawarkan remaja tempat untuk menerima dukungan dari orang lain selama menantang kali," Lenhart mencatat.

Tampilkan Me Tangan Anda!

Video game adalah bagian penting dari persahabatan remaja - lebih untuk anak laki-laki daripada anak perempuan, menurut penelitian Pew. Setelah jaringan sosial, kategori video game memicu persahabatan yang paling online.
Selain semua pwning dan rekking dan mengejek pemula untuk git gud, ada gg diperlukan (permainan yang baik) sebagai gamer rekap peta atau bulat apapun hanya mereka bermain.
Namun, anak perempuan lebih mungkin dibandingkan anak laki-laki untuk membuat teman baru melalui media sosial - 72 persen vs 52 persen.
Teman bertemu secara online mungkin tidak menjadi teman dalam arti tradisional, meskipun.
Hanya sekitar 20 persen dari peserta survei yang telah membuat teman-teman online melaporkan bertemu seorang teman secara online di dunia nyata.
"Ketika mereka melakukannya, mereka menggunakan alat-alat seperti video chat ke dokter hewan orang sebelum bertemu mereka," kata Lenhart."Sering kali ini adalah teman dari teman."

Tidak ada Penampungan Dari Fallout

Walaupun mungkin tampak bahwa video game dan media online lainnya bisa menawarkan melarikan diri dari kenyataan, tekanan dunia nyata mengikuti remaja ke Twitter atau Battlefield atau Minecraft - atau paling mana saja secara online di mana mereka bertemu orang lain, Pew menemukan.
Meskipun "media sosial menghubungkan remaja untuk perasaan teman-teman dan pengalaman, berbagi yang terjadi pada platform ini dapat memiliki konsekuensi negatif," kata Lenhart.
Sekitar 88 persen dari peserta survei remaja yang menggunakan media sosial diyakini orang berbagi terlalu banyak informasi secara online, Pew menemukan. Sekitar 21 persen dari kelompok yang mengatakan mereka merasa buruk tentang diri mereka sendiri karena kandungan mereka ditemukan di media sosial, dan sekitar 40 persen merasa mereka hanya harus berbagi informasi yang akan meningkatkan citra publik mereka.
Tentu saja, ada banyak drama online.
Sekitar 68 persen dari pengguna remaja dari media sosial - sekitar 52 persen dari semua remaja - harus berurusan dengan drama dalam jaringan sosial mereka, penelitian Pew menunjukkan.
Sekitar 26 persen dari mereka telah memiliki konflik dengan teman-teman di dunia nyata sebagai akibat dari sesuatu yang terjadi secara online, berdasarkan survei.
Meskipun masa sulit, penggunaan media sosial dan game video terus tren ke atas.
Sebagai Internet jatuh tempo, itu menarik untuk melihat bagaimana remaja telah disesuaikan dengan apa yang bisa dianggap "abstraksi dari persahabatan online," kata Pund-IT Raja.
Ini hampir seperti modernisasi sahabat pena, tambahnya.
"Di sisi negatif, proses manual seperti SMS atau terus-menerus masuk ke situs sosial dapat menjadi gangguan yang luar biasa dari tanggung jawab sekolah dan keluarga," kata Raja. "Kemudian lagi, orang tua saya akan mengatakan hal yang sama tentang jam aku menghabiskan di telepon dengan teman-teman saya." 

     

Mudah Mudahan artikel ini menjadi inspirasi kita yang ingin sukses di dunia online...
Ada yang kenal dengan Linda Ikeji? Ya, blogger wanita asal Nigeria ini lumayan dikenal -- khususnya oleh para blogger Dunia. Dia adalah salah satu blogger tersukses di dunia, dengan penghasilan puluhan ribu dollar perbulannya. Namun uniknya, blog yang dikelolanya sampai sekarang masih blog gratisan dengan subdomain blogspot. Bahkan desain blognya sangat sederhana dan terkesan ketinggalan jaman. Mengapa dia bisa sukses?
Kesuksesan Linda Ikeji memang sedikit mengejutkan. Dengan kemampuan IT dan desain yang seadanya, dia bisa sukses di dunia blogging. Tapi, dia memiliki kelebihan, yaitu fasih berbahasa Inggris dan pandai menulis. 2 kelebihan itulah yang mengantarkannya menjadi salah satu dari beberapa orang terkaya di Nigeria.
Apakah pandai menulis dan fasih berbahasa Inggris saja cukup?
Tentu saja tidak cukup. Yang membuat Linda Ikeji sukses adalah konsistensinya dalam update artikel. Semenjak tahun 2008, blogger Nigeria itu update 20 artikel perhari. Kebanyakan dari artikel tersebut bersumber dari artikel website besar yang dia tulis ulang.
Perlu sobat-sobat ketahui, blog Linda Ikeji tersebut bertemakan selebriti, entertainment dan fashion. Alamat blognya adalah lindaikeji.blogspot.com. Silahkan kunjungi alamatnya untuk sekedar melihat-lihat dan mempelajari gaya tulisannya.
Lalu, bagaimana cara memonetisasi blog Linda Ikeji tersebut?
Perlu sobat-sobat ketahui, saat ini jumlah artikel di blog milik Linda Ikeji adalah sekitar 15 ribuan. Alhasil, jumlah kunjungan perharinya pun mencapai jutaan visitor. Dengan traffic yang begitu fantastis, Linda pun bisa dengan mudah memonetisasi blognya, tapi hanya dengan 2 cara, yaitu:
1. Menjadi Publisher Adsense
2. Memasang Iklan langsung dari pengiklan.
Untuk cara pertama mungkin sudah biasa dilakukan oleh blogger-blogger lain. Tapi untuk cara kedua, hanya beberapa blogger saja yang bisa melakukannya. Cara kedua ini hanya bisa dilakukan oleh blogger yang memiliki blog bertraffic 'super' seperti blognya Linda Ikeji.
Namun, selain traffic yang bagus, seorang blogger juga harus bisa melobby perusahaan pemilik produk. Istilah bisnisnya adalah 'menjemput bola'. Dan Linda Ikeji melakukan hal itu dengan kerja keras tanpa lelah. Dia mengirim beberapa proposal kerja sama pemasangan iklan disertai dengan screenshoot Google Analytics di blognya ke banyak perusahaan tanpa mengenal putus asa. Ada perusahaan yang menolak, ada juga yang menerima proposalnya. Nah, yang menerima proposal inilah yang menjadi sumber penghasilan dari blognya Linda Ikeji.

Jumlah pengiklannya pun lebih dari satu perusahaan, dan bisa dilihat dari bertebarannya banner-banner iklan di blognya Linda Ikeji. Dari situlah dollar mengalir ke kantongnya Linda Ikeji hanya dengan kegiatan yang simpel, yaitu blogging. Sangat menginspirasi bukan?
Dari ulasan di atas, ada 3 pembelajaran yang dapat kita petik, antara lain:
1. Seorang blogger harus menyukai kegiatan menulis
2. Seorang blogger harus konsisten dan rutin membuat konten yang banyak
3. Ketika traffic bagus, seorang blogger harus pandai melobi pengiklan.
Sekiranya itu saja yang bisa saya tuliskan mengenai kisah sukses blogger asal Nigeria bernama Linda Ikeji. Semoga tulisan ini bisa memberikan inspirasi bagi sobat semuanya.

Penulis Gratisan Berpenghasilan 12 Miliar Linda Ikeji
Adakah seorang yang mendapatkan 12 miliar rupiah pertahunnya hanya dari menulis? Tentu saja Linda Ikeji salah satunya!
Linda Ikeji ialah blogger asal Nigeria yang telah menghasilkan sekitar $ 100.000, atau 1,2 miliar rupiah perbulannya hanya karena aktivitas menulis di blog. Hasil ini tentu saja membawa namanya dalam daftar 10 blogger terkaya dunia. Linda Ikeji mendapatkan semua penghasilannya itu dari pengiklanan.
Kalau gitu dia bukan penulis donk? Kan pengiklan? Baiklah mari kita telusuri perjuangan orang ini.
Cerita Bermula
Linda Ikeji termasuk orang yang kikuk dengan dunia IT dan komputer, ini tentu saja terlihat dari blognya yang standard sekali penampilannya. Bahkan masih memakai blog gratisan dari Google dengan alamat http://lindaikeji.blogspot.com. Salah satu skill yang dimilikinya ialah Ia mampu berbahasa inggris dengan baik dan menulis dengan bahasa Inggris, karena ia lulusan jurnalistik. Dengan modal itu dan juga tekadnya yang kuat, Linda mulai melakukan aktivitas di blog pada 2003.
Sejak saat itu pula ia mengelola blog gratisnya tanpa menghasilkan sepeserpun uang. Tetapi Ia tak pernah berhenti. Hanya bermodalkan laptop dan modem serta pengetahuan komputer yang minim, Ia terus melakukan aktivitas blogging dan menulis kontennya. Kekuatan terbesar manusia sukses memang pada kemauan yang keras dan konsistensinya. Capek dan lelahnya ngeblog telah dirasakan perempuan Nigeria ini.
Hingga pada tahun 2007 ia mulai meningkatkan aktivitas bloggingnya, Ia menulis setidaknya 25 artikel sehari tanpa bantuan siapapun. Dan Ia akhirnya dapat merasakan hasil jerih payahnya setelah lima tahun kemudian. Blognya menjadi salah satu blog paling banyak dikunjungi di Nigeria.
Seorang Linda Ikeji menulis ulang 25 artikel setiap harinya dari berbagai sumber. Konsistensinya dalam menulis inilah yang membuatnya kini menjadi salah satu blogger paling terkenal di dunia.
Kisah Suksesnya
Saat ini, banyak sekali investor yang ingin membeli blognya. Ini tidak lain karena pendapatan yang dihasilkan oleh blognya dari dunia pengiklanan telah mencapai 12 miliar rupiah pertahunnya.
Pada 2013 lalu, blognya terkena banned dari pengiklanan google adsense. Tetapi hal ini tidak menjadi masalah karena Ia masih mendapatkan puluhan ribu dolar dari pengiklan di manca negara.
Pada awal 2014 ini, blog http://lindaikeji.blogspot.com dicabut bannednya dari adsense. Tentu daja karena pengunjung blognya yang terus meningkat dan tiada habisnya.
Blog gado-gado yang kini fokus pada gaya hidup dan entertainment itu hingga kini terus update dengan berita terbaru. Bahkan kini Linda Ikeji sendiri bak seleberitis yang sering muncul di acara-acara gosip TV.
Pelajaran dari Seorang Linda Ikeji
Keterbatasan kita dalam memahami komputer, teknologi dan fasilitas dunia maya tidak dapat menahan kita untuk sukses di dunia maya. Kita harus optimis dan bertarung dengan kemampuan yang kita miliki saat ini.
Dengan konsisten menulis, Anda akan dikenal. Baik dikalangan pembaca, ataupun akan dikenal dunia seperti seorang Linda Ikeji.
Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Jadi bagi Anda yang hari ini malas menulis, maka tidak ada jatah kesuksesan untuk Anda.
Menulis ialah kekuatan konsistensi dan ketekunan bukan sekedar masalah ide. Linda Ikeji hanya melakukan rewrite artikel dari banyak situs besar, tetapi tetap mendapatkan banyak pembaca. Ini bisa saja karena pembaca lebih menyukai gaya penulisan Linda Ikeji di bandingkan dengan penulis di situs-situs besar itu.
Jangan lupakan produk sampingan. Tulisan seorang Linda Ikeji mungkin tidak begitu berharga, tetapi space iklan di bagian samping blognya, berharga sungguh mahal. 
Terakhir ialah jika hari ini Anda belum membagikan tulisan Anda maka segeralah bagikan. Mungkin hari ini tulisan Anda bernilai gratis, tetapi bisa jadi lima tahun lagi tulisan Anda bisa saja berharga cukup untuk membeli sebuah mobil.
  
Inilah Blogger Tersukses hanya dengan modal blogspot saja
Siapa yang tidak kenal dengan Linda Ikeji ? Dia adalah seorang Blogger wanita dari Nigeria atau Afrika dia adalah salah satu Blogger tersukses di dunia dan gosip serta berita banyak ditulis oleh website besar tentang kesuksesannya. Dimulai dari sebuah blog yang dia beri nama sesuai dengan nama nya, yaitu : lindaikeji.blogspot.com blog tersebut mampu menarik visitor hingga 1,56 Juta perbulan dan menurut salah satu domain sigma harga website tersebut bernilai $ 978,000.00. Namun harga blog tersebut tidak sesuai dengan pendapatan yang diperoleh oleh Linda karena selain iklan Adsense yang tampil di blog tersebut masih banyak lagi iklan yang tampil dan diminta langsung oleh pengiklan dari seluruh dunia khusunya dari Afrika. Rata-rata untuk perbulan dari 1,56 juta pengunjung dia  mengantongi uang dari Iklan bannerberkisar dari N25,000.00 sekitar N120,000.00 seminggu. Terakhir kali saya cek, ada sekitar 22 non google adsense spanduk iklan di blog Linda Ikeji itu. Menjalankan rata-rata, Linda Ikeji mendapatkan penghasilan  rata-rata, US $ 9,970.00 per bulan ditambah US $ 1,780.00 ia  mendapatkan sekitar US $ 11,748.00 per bulan.
Sebenarnya itu hanya dari perhitungan dari beberapa sumber artikel saja, namun saya pikir penghasilan dia lebih dari itu. Lihat saja mobil mewah yang dia beli. Harganya Milyaran
Pada Selasa, September 16, 2014, Linda Ikeji memosting sebuah Photo di blog nya dia bersama mobil  mewah terbarunya; merek baru 2014 Range Rover Sport Supercharged. Menurut Linda mobil tersebut bernilai N24m atau $ 153.000 atau 1,9 Milyar.

Wanita Ini Berpenghasilan Rp70 Miliar dari Blog Gratisan
Mungkin tidak akan pernah ada yang menyangka bahwa sebuah blog gratisan milik Blogspot, mampu membuat seorang wanita menjadi kaya raya. Apalagi blog itu tidak didesain secantik dan semenarik mungkin, pun dioptimasi dengan tehnik SEO super canggih.
Tapi, itu semua tidak berlaku bagi seorang Linda Ikeji. Wanita asal Nigeria ini berhasil mematahkan prediksi orang-orang bahwa blogger gratisan tidak akan mampu menghasilkan banyak uang.
Buktinya ia mampu meraup kekayaan hingga N1.1 Miliar Kobo (mata uang Nigeria) atau setara dengan Rp70 miliar dengan kurs Rp6.425 untuk N100 dari blog gratisannya. Kekayaan itu datang dari sebuah blog yang bisa dikata, jauh dari kesan bagus. Jika tak percaya kunjungi saja blognya di http://www.lindaikeji.blogspot.com/.
Beberapa blogger Indonesia sebenarnya sudah pernah membicarakan kesuksesan Linda. Namun sangat minim informasi, dari mana sebenarnya Linda menghasilkan uang sebanyak itu.  awalnya kesusahan mengorek informasi lebih jauh soal Linda Ikeji, hingga berhasil menemukan satu artikel di Ventures Africa.
Dari laman Ventures Africa, berhasil mendapatkan informasi bahwa Linda Ikeji adalah seorang blogger yang meraih sukses tanpa unsur kesengajaan. Kesuksesannya pun tidak di dapat secepat kilat. Butuh waktu  lima tahun, hingga akhirnya dia mendapat penghasilan.
Jika sebelumnya ~ melansir 10 Blogger Murni Berpenghasilan Terbesar di Dunia, Linda Ikeji bisa dikata lebih pantas menyandang predikat itu. Kesepuluh orang yang sukses dalam dunia blog itu, telah menjalankan blog dari berbagai flatform dan menggunakan Top Level Domain (TLD).
Sedangkan Linda hanya menggunakan domain gratis milik Google yakni Blogspot dan itupun hanya ada satu buah. Wow....
Siapa Sebenarnya Linda Ikeji?
Hingga 2010, orang-orang masih belum kenal siapa itu Linda Ikeji? Ia baru menjadi perbincangan, khususnya di Nigeria pada awal 2011 setelah berhasil mendulang sukses dengan penghasilan hingga Rp300 juta dalam sebulan. Kisahnya, seperti kilat, dengan cepat tersebar dan menginspirasi banyak orang.
Linda Ikeji mulai membangun blog pada tahun 2006. Awalnya, ia sama sekali tidak membayangkan akan sesukses saat ini. Sebelum memulai menjadi blogger, ia adalah seorang model dan juga jurnalis selama delapan tahun. Hingga akhirnya dia merasa profesi itu tidak merubah kehidupannya.
Di negaranya, Linda juga dikenal sebagai seorang aktivis. Telah banyak kasus kesenjangan sosial di benua hitam itu yang ia dampingi. Mulai dari kasus pembunuhan yang tidak kelar-kelar, hingga kasus salah tangkap dengan tuduhan pencurian.
Dia juga dikenal sebagai wanita filantropi yang sangat tinggi menaruh perhatian pada kasus Ebola di Afrika. Pada tahun 2014 lalu, dia menyumbang sejumlah uang untuk penanganan kasus Ebola.
Dia juga merupakan anggota Alumni Future Awards. Dimana pada tahun 2012, ia memenangkan penghargaan untuk kategori Young Personality of the Year, dan pada tahun 2014, ia kembali mendapat dua penghargaan yakni Outstanding Blogger of The Year dan Best Gossip & Gist Blog at the Media Broad Awards. 
Kisah suksesnya menjalankan sebuah blog telah mengantarnya menjadi wanita muda yang berpengaruh di Nigeria. Ia telah sukses menggerakan banyak kalangan muda Nigeria dari pengangguran menjadi punya banyak kegiatan, salah satunya menjadi blogger.
Kisah Perjalanan Linda Ikeji Menjadi Sukses
Seperti dirinya, orang-orang pun tidak menyangka bahwa menjadi blogger dengan platform gratisan bisa merubahnya menjadi miliarder. Linda memulai menjalankan blog di 2006 dengan konsisten dan ulet. Hingga memasuki tahun 2007, pengunjung blognya masih sangat minim.
Namun blog yang ia namai seperti namanya sendiri akhirnya berpenghasilan pertama kali di Agustus 2010. Seseorang telah mengiriminya pesan melalui email dan bertanya berapa harga yang ia berikan untuk sebuah slot iklan di blognya.
Layaknya blogger awam, dia juga kebingungan dan akhirnya bertanya kesana kemari soal pertanyaan dari email tersebut. Dan mulai dari situlah, tawaran iklan datang silih berganti setelah ia berkonsultasi dengan teman seprofesinya sebagai blogger.
Linda menerima segala jenis bentuk iklan. Dia pun tidak melakukan pemasaran khusus untuk mendapatkan iklan. Hanya ada satu slot di bagian sidebar blognya yang memasang informasi cara untuk beriklan. Walau demikian, tawaran iklan ke Linda makin hari makin banyak.
Hingga 17 Februari 2015, perkiraan harga slot iklan di blog Linda sebagai berikut;
Iklan di bagian header (ukuran 728x90) selama satu bulan dihargai N950.000 atau Rp61 juta.
Sidebar kanan kiri, bagian atas (ukuran 200x300 dan 160x600) selama satu bulan seharga N500.000 atau Rp32 juta.
Sidebar kanan kiri bagian bawah (ukuran 200x300 dan 160x600) selama satu bulan seharga N400.000 atau Rp25 juta.
Iklan dalam bentuk postingan atau review dihargai N50.000 atau Rp3,2 juta untuk satu postingan.
Sementara untuk iklan background yang paling mahal. Untuk pemasangan satu minggu dihargai N550.000 atau Rp35 juta dan pemasangan satu bulan seharga N1,6 juta atau Rp102 juta.
Selain penghasilan dari slot iklan independen, Linda juga telah memasang iklan Google Adsense. Namun, penghasilannya di Google Adsense tidak dilansir.
Para pemasang iklan di blognya Linda pun bukan perusahaan ecek-ecek, bisa dilihat mulai dari Visa hingga Intel Inside memasang bannernya di sana. Sungguh suatu pencapaian yang luar biasa.
Naik Turun Kesuksesan Linda Ikeji
Layaknya sebuah usaha, tidak selamanya berjalan mulus. Linda pun demikian dalam menjalankan blognya. Selain harus banting tulang selama lima tahun tanpa penghasilan, blog Linda juga sempat di banned oleh Google dengan tuduhan penyalah gunaan hak cipta.
Sebagian besar isi blog Linda memang adalah berita-berita suduran dari luar negeri, utamanya informasi seputar selebriti. Banyak yang melaporkan, Linda melakukan plagiat. Namun tuduhan ini akhirnya tidak terbukti dan Google mengembalikan blog milik Linda.

Salah satu konsekwensi dari menjalankan blog gratisan, yah itu!. Segala otoritas masih milik sang empunya. Memang ada beberapa postingan Linda dari hasil banned itu yang harus di hilangkan. Namun itu tidak menjadi pematah arang bagi seorang Linda.

Sejak di banned di 2010, ia pun terus memperhatikan soal keaslian konten dan sumber yang jelas. Hingga akhirnya, kini blog Linda tetap bercokol di urutan ke 13 dari rangking Alexa untuk negaranya dan urutan 2.320 secara global.
Tidak salah lah kalau harga iklan untuk blog Linda sangat fantastis.
Melalui kombinasi kerja keras, konsistensi, pemikiran inovatif, dan kreativitas, Linda selama bertahun-tahun telah mampu membuktikan bahwa ada peluang bisnis yang layak di sekitar kita. Dia telah membuka mata banyak pihak, termasuk saya agar tidak menyepelekan kekuatan dari blog gratisan. Hmmmmm...

Suatu saat saya berharap ada satu dua orang dari Indonesia yang juga mendulang kesuksesan dari blog gratisan. Amin....